Senin, 20 Januari 2014

Bagaimana Caranya Agar Berpikiran Terbuka?



Bagaimana Caranya Agar Berpikiran Terbuka?
===============================

Jika setiap hari selama minimal 1 jam kita meningkatkan aktivitas otak dengan cara berpikir inovatif atau merasakan stimuli dari pengalaman2 yang baru, kita bisa menjadi lebih cerdas, lebih enerjik, lebih kreatif, lebih mampu bersosialisasi, dan lebih mampu menerima berbagai pengalaman2 baru termasuk menikmati perubahan cara berpikir kita.

Kuncinya adalah selalu terbuka untuk setiap pengalaman baru dan siap untuk mengubah pola pikir lama jika diperlukan.

Beberapa tips yang perlu dilakukan untuk merangsang otak kita adalah sbb:

1. Jangan biarkan otak anda berhenti bekerja jika sedang menunggu, mengantri atau sedang tidak ada kerjaan. Coba hitung dalam hati untuk menghitung kelipatan 2 seperti misalnya 1, 2, 4, 8, 16, 32 dst. Atau lakukan hal lain yang menstimuli kecerdasan. Jangan mainan facebook sambil mengantri (menunggu) karena itu tidak bisa membuat anda berpikiran lebih terbuka dan tidak membuat anda menjadi lebih cerdas.

2. Kaji ulang belief system anda. Jika selama ini anda percaya bahwa sains adalah segalanya, coba cari dimana ada hal2 yang tidak bisa dijelaskan oleh sains. Begitu juga jika selama ini anda percaya bahwa tuhan adalah awal segalanya, coba cari dimana ada hal2 yang tidak bisa dijelaskan oleh keberadaan tuhan. Jika selama ini anda suka opor ayam, coba nikmati menu makanan yang lain agar anda juga tahu mengapa ada orang2 yang suka gado2 atau lontong sayur.

3. Gapai titik tertinggi yang mampu diraih oleh tubuh anda. Lakukan olahraga paling berat yang bisa anda lakukan, atau lakukan olah pikiran yang paling sulit sejagad. Lakukan juga bagaimana rasanya mengalami sensasi yang lain seperti misalnya duduk di atas es, bermain Rubic Cube, putar pinsil di jari2 anda, atau tidur di lantai. Anda bisa mencoba apapun yang menurut anda cukup sensasional. Dengan cara demikian anda akan memiliki data baru yang tersimpan di memori anda dan bisa digunakan untuk persepsi selanjutnya.

4. Simulasikan semua panca indera anda. Lihat lukisan2 kelas emperan dan amati mengapa lukisan itu bisa disukai orang lain. Dengarkan musik2 yang menurut anda menyebalkan seperti misalnya musik terompet atau musik klasik. Tonton jenis film yang selama ini tidak anda sukai, misalnya film drama melow atau film kartun. Cari apa hal yang menyebabkan orang lain suka film2 tersebut. Coba juga bermain gitar atau piano dan selesaikan bermain untuk satu lagu yang anda pilih.

5. Bergaulah dengan orang2 dari bermacam2 golongan, tingkat ekonomi dan gaya hidup, seperti misalnya tukang ojek, supir mikrolet, satpam, office boy, penjaga pintu tol, manajer, anggota partai, pengurus masjid/gereja dan lain2. Jika anda sedang menunggu dan berdampingan dengan orang2 yang tidak anda kenal, cobalah membuka pembicaraan dengan mereka dan amati mengapa begitu mudah untuk memulai komunikasi.

6. Pelajari hal2 yang baru. Misalkan anda belum pernah masak, coba cari resep masak sembarang dan lakukan uji coba. Pelajari berbagai bahasa dan lakukan sedkit demi sedikit. Tonton film2 seperti dari Discovery Channel atau Planet Animal. Kurangi nonton sinetron karena tidak ada yang bisa anda peroleh dari sana. Atau anda bisa meniru Leonardo da Vinci yang menuliskan catatannya dengan huruf2 dari belakang ke depan. Selanjutnya cobalah menggambar sesuatu. Mulai dari menggambar dengan pinsil sampai menggambar dengan crayon atau lainnya.

7. Pelajari berbagai kebudayaan yang ada. Pelajari juga bagaimana pandangan politik atau keagamaan orang lain. Mungkin anda akan mual2 saat pertama kali mempelajarinya, tetapi lanjutkan usaha2 anda untuk mengetahui sampai seberapa jauh pandangan politik dan agama seseorang. Lihatlah apakah ada ego yang bermain disana atau tidak, dan jika ada amati lagi mengapa itu bisa muncul. Coba juga nikmati masakan dari berbagai daerah atau negara dan amati mengapa masakan2 itu bisa disukai banyak orang.

8. Hilangkan ketakutan anda. Jangan takut untuk membongkar peralatan2 yang rusak. Coba bongkar hape anda yang rusak dengan menggunakan petunjuk yang ada di Youtube. Kalau misalnya tidak bisa mengembalikannya, toh ada tukang service yang mampu melakukannya, tapi anda coba dulu tanpa ragu.

9. Coba sekali2 tutup mata dan telinga anda, lalu lakukan aktivitas seperti biasa. Anda akan tahu bagaimana caranya melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda tetapi memiliki hasil yang diharapkan sama. Coba juga misalnya menulis dengan pinsil digigit atau mengetik dengan jempol kaki.

10. Bermainlah game yang berupa strategic games (semacam Sim City) atau yang membutuhkan koordinasi mata, tangan dan pikiran (seperti Need for Speed). Coba ikut berpikir mengapa banyak cerita orang hilang di segitiga Bermuda dan mengapa ada misteri2 lain yang belum terungkap sampai saat ini.

11. Sering2lah melakukan travelling. Anda akan bertemu dengan berbagai jenis orang dan anda akan melihat hal2 yang selama ini belum ada dalam data memori anda.

12. Jika anda sedang libur, coba nikmati hari2 tersebut tanpa memeriksa waktu. Untuk di Indonesia hal ini sulit dilakukan karena bunyi adzan secara otomatis akan memberitahukan anda kira2 saat itu jam berapa, kecuali jika kamar anda kedap suara.

Summary:

Dari ke 12 tips tersebut, bisa dirangkum menjadi 3 buah tips utama yaitu:

1. Amati pikiran anda sendiri. Hidup ini berisi banyak pilihan. Mengapa anda lebih memilih A dari pada B. Apa argumen yang mendukung pilihan anda itu. Dan amati juga apakah anda mampu mengubah pilihan dari A menjadi B. Jika tidak mampu, pikirkan apa penyebabnya dan apakah anda mampu mengubah penyebab itu.

2. Anda harus banyak melakukan pengamatan dan trial and error. Uji coba semua hal yang anda belum tahu jika memliki kesempatan dan peluang untuk mencobanya. Anda harus siap menerima hal2 yang baru dan kalau perlu mengubah sudut pandang anda sesuai dengan hal yang baru itu.

3. Pikirkan apa pendapat orang lain dan pikirkan kira2 apa argumen yang mendukung pendapat tersebut. Jika menurut anda argumen itu salah, coba pikirkan mengapa itu bisa salah dan apa yang menyebabkan kesalahan itu. Anda harus mampu memikirkan SEMUA kemungkinan yang ada sejauh anda mampu. Anda tidak akan bisa disebut sebagai orang yang berpikiran terbuka selama anda hanya berpegang pada SATU atau BEBERAPA kemungkinan saja.



-------------
* Saya ambil dari pesbuk kang Lambang MH. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar